Larasati, Larasati (2021) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LARASATI_17016107_2443_2022.pdf [thumbnail of B1_01_LARASATI_17016107_2443_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LARASATI_17016107_2443_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis
teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Ketiga,
mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi
terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif
dan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 287 siswa dari 9 kelas. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 56 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan
jumlah proporsi siswa per kelas. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah
keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks eksposisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh.
Berdasarkan hasil analisis, maka temuan penelitian ini adalah sebagai
berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh dengan kualifikasi lebih dari cukup (69,38).
Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh dalam kualifikasi baik (76,55). Ketiga, keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi berkontribusi sebesar 52,13% terhadap keterampilan
menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi terhadap keterampilan menulis
teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Dengan demikian,
semakin terampil siswa dalam membaca pemahaman maka akan semakin terampil
pulalah siswa dalam menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:11 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13235 |