Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo

Asmoro, Lady Kidung (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_LADY_KIDUNG_ASMORO_17029031_2985_2021.pdf] Text
B1_01_LADY_KIDUNG_ASMORO_17029031_2985_2021.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan
yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun
kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh
peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo masih rendah, terlihat dari hasil
penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan
matematis secara tepat sesuai dengan indikator-indikator pemecahan masalah
matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan
model pembelajaran langsung serta mengetahui perkembangan kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TTW di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan
rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi pada
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo, dengan
kelas XI MIPA 1A dan XI MIPA 2A sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk
soal essay.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,015.
Karena P-value kurang dari α = 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang
belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan
model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tebo.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:11
Last Modified: 04 Jun 2025 05:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item
View Item