Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Aplikasi WA Forum dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa SMAN 1 Ranah Pesisir Selama Pandemi Covid 19

Fitriani, Kesi (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Aplikasi WA Forum dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa SMAN 1 Ranah Pesisir Selama Pandemi Covid 19. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_KESI_FITRIANI_17053020_3830_2022.pdf] Text
B1_01_KESI_FITRIANI_17053020_3830_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan aplikasi
whatsapp forum terhadap motivasi belajar siswa disekolah SMAN 1 Ranah
Pesisir pada saat pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS versi 16.0. Data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan
menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan
staf pendidik/ Guru SMAN 1 Ranah Pesisir yang menerapkan model dan media
sesuai dengan peneliti lakukan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan
adalah random sampling dengan total 35 responden. Uji coba instrumen
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan analisis
deskriptif uji normalitas, uji homogentias varians, uji hipotesis menggunakan uji
F dan uji t.
Hasil dari penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dengan penggunaan aplikasi whatsapp forum dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa di sekolah SMAN 1 Ranah Pesisir. Berdasarkan hasil
penelitian, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diharapkan guru dapat
menjadikan whatsapp forum sebagai salah satu media pembelajaran dalam
pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Bagi peserta didik harus mampu
meningkatkan motivasi belajar pada dirinya dengan memanfaatkan media
whatsapp forum dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dan bagi sekolah, harus dapat memfasilitasi guru pada saat proses pembelajaran
daring di sekolah SMAN 1 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 05:06
Last Modified: 04 Jun 2025 05:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item
View Item