Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Solok

Arwansyah, Arwansyah (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio untuk Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARWANSYAH_85120_5357_2014.pdf] Text
B1_5_ARWANSYAH_85120_5357_2014.pdf

Download (893kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran CooperativeLearning Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) Terhadap HasilBelajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio untukSiswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video DI SMK Negeri 2 Solok”merupakan penelitian Eksperiment dengan menggunakan dua kelas yaitu kelasyang bertindak sebagai kontrol dan eksperiment. Desain yang digunakan adalahThe Static Group Comparrison:Randomized Control Group Only Design.Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukandilapangan yaitu di SMK Negeri 2 Solok, masih banyaknya siswa kelas X TeknikAudio Video yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah standar kriteriaketuntasan minimal pada mata pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audioyang ditetapkan sekolah yaitu 70 dengan rentangan 0 - 100. Penelitian inibertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh hasil belajar setelah menerapkanmodel pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division(STAD). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 SolokTA 2013/2014. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektifsebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanMicrosoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan ujihipotesis. Ujinormalitas kelas eksperimen diperoleh Lo<Lt (0,1300<0,171) dan kelas kontrol(0,1403<0,171). Uji homogonitas diperoleh FHitung<FTabel (1,179<1,94). Ujihipotesis thitung<ttabel (3,01>1,676)Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-ratasiswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe StudentAchievent Division (STAD) yaitu 80,62 sementara siswa kelompok kontrol yangmenggunakan pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 75,85. Hasil hipotesisdengan menggunakan Microsoft Excel di dapati bahwa thitung 3,01 > ttabel 1,676,sehingga hipotesis alternative (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (H0). Halini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebihbesar dari pada rata-rata hasil belajar kelas control. Jadi dapat disimpulkan bahwapenerapan STAD bepengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:14
Last Modified: 04 Jun 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item
View Item