Profil Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya

Hasanah, Arrahmil (2015) Profil Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARRAHMIL_HASANAH_1105570_5111_2015.pdf] Text
B1_5_ARRAHMIL_HASANAH_1105570_5111_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan agar siswa mengembangkan potensi dankreativitasnya. Kenyataannya masih banyak siswa belum mampu mengemukakan danmengembangkan ide-ide kreatif serta memanfaatkan waktu luang dengan kegiatankegiatan kreatif. Kreativitas siswa perlu ditumbuhkembangkan oleh semua pihak,baik oleh orangtua, guru mata pelajaran, maupun guru BK/Konselor. Penelitian inibertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kreativitas siswa SMP Negeri 2 Padang, dan (2)Mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan dankonseling/konselor dalam mengembangkan kreativitas siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Research), denganpopulasi penelitian ini berjumlah 536 orang, sampel berjumlah 88 orang denganmenggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian bersumber daridata primer yang dikumpulkan dengan menggunakan alat ungkap kreativitas(AUKREF) dan wawancara dengan guru BK/Konselor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kreativitas siswa SMP Negeri 2Padang berada pada kategori baik (71,6%), (2) Upaya yang dilakukan oleh guruBK/Konselor dalam mengembangkan kreativitas siswa yaitu: mendengarkan,menghargai, dan memberikan tanggapan pendapat siswa; meningkatkan kepercayaandiri dan memotivasi siswa; mengikutsertakan siswa dalam berbagai perlombaan;mengumumkan, menampilkan, dan memberikan penghargaan hasil karya siswa;bekerjasama dengan warga sekolah menyediakan sarana dan prasarana; menempatkansiswa sesuai dengan potensinya; memberikan layanan informasi, layanan penguasaankonten, layanan bimbingan kelompok, dan konseling individual. Berdasarkan temuanini, diharapkan guru BK/Konselor harus lebih peka terhadap siswa-siswa yang kreatifdan mengoptimalkan layanan informasi, layanan penguasaan konten, layananbimbingan kelompok, konseling individual, serta layanan penempatan penyalurandalam mengembangkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS SISWA, GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:12
Last Modified: 04 Jun 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item
View Item