Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang

Yulia, Elvinda (2018) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ELVIDA_YULIA_14033008_4238_2018.pdf] Text
B1_05_ELVIDA_YULIA_14033008_4238_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan secara terpadu dengan adanya integrasi dalam pembelajaran. Kenyataan yang ditemukan di sekolah pembelajaran IPA terpadu dan integrasi literasi dalam pembelajaran belum sesuai dengan tuntutan serta hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital.Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh penerapan Bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan disain penelitian Posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan untuk aspek pengetahuan berupa lembar tes tertulis, aspek sikap berupa lembar observasi, dan aspek keterampilan berupa lembar penilaian kinerja. Data
penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan
bermuatan literasi era digital memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang mencakup aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap pada taraf kepercayaan 95 %. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital dalam pendekatan saintifik efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:21
Last Modified: 04 Jun 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item
View Item