Prakasa, Rivaldy Satria (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Mikroprosesor Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RIVALDY_SATRIA_PRAKASA_1302391_4966_2017.pdf [thumbnail of B1_05_RIVALDY_SATRIA_PRAKASA_1302391_4966_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RIVALDY_SATRIA_PRAKASA_1302391_4966_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Mikroprosesor yaitu di bawah Ketuntasan Belajar (KB) yang telah ditetapkan SMKN 2 Solok yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Mikroprosesor siswa Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental dengan desain intact group comparison. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,06, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,26. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu 2,20> 2,03, karena t besar dari t tabel ,maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning pada mata pelajaran Teknik Mikroprosesor siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Maka model pembelajaran Teams Games Tournament lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Problem Based Learning, pre experimental, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13128 |