Sherly, Refni (2019) Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_REFNI_SHERLY_15045120_5322_2019.pdf [thumbnail of B1_01_REFNI_SHERLY_15045120_5322_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_REFNI_SHERLY_15045120_5322_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pada proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Lubuk Basung ditemukan
suatu permasalahan pada minat belajar sisiwa, hal ini dikarenakan pada proses
pembelajaran yang disajikan bersifat abstrak. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut diperlukan suatu perbaikan dengan menggunakan media audio visual,
maka tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan minat belajar siswa Geografi
kelas X IPS di SMA Negeri 2 Lubuk Basung semester Januari-Juni 2019 melalui
penggunaan media audio visual
Metoode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Informasi dalam penelitian ini adalah siswa geografi kelas X IPS. Penentuan
informasi dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak) maka
diperoleh sampel 51 siswa. Pengumpulan data dilkaukan dengan penyebaran
angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentasi dan
penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan bahwa: Penggunaan media audio visual dapat
membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak
menjadi konkrit. Pada pertemuan I, skor rata-rata minat belajar siswa yaitu
129,96, dan pada pertemuan II, rata-rata skor minat belajar siswa meningkat
menjadi 139,22. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunaan media audio
visual dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1312 |