Indriana, Riska (2012) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Online Learning Terhadap Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Presentasi Siswa Di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RISKA_INDRIANA_00675_2012.pdf [thumbnail of B1_05_RISKA_INDRIANA_00675_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RISKA_INDRIANA_00675_2012.pdf
Download (131kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kompetensi dasar mengoperasikan software presentasi antara siswa yang diajar menggunakan PBOL (problem based online learning) dengan siswa yang diajar dengan PBL (problem based learning) klasikal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya pada siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Teknik penentuan sampel penelitian adalah Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, sedangkan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 87,73 dan kelas kontrol 75,20. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t = 3,98 dan t tab 1,70 berarti t hit > t sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat perbedaan nilai kompetensi dasar mengoperasikan software presentasi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran PBOL dan peningkatan nilai siswa yang diajar dengan PBL klasikal pada mata diklat KKPI kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Kelas yang menggunakan pembelajaran PBOL lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBL klasikal. tab Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan pembelajaran PBOL alternatif dalam proses pembelajaran yang lebih inovatif, khususnya pada mata diklat KKPI kompetensi dasar “Mengoperasikan software presentasi”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based online learning, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13112 |