Pembuatan Instrumen Penilaian Berbahasa Inggris Berbasis ICT untuk Pembelajaran Fisika Siswa R-SMABI Kelas XI Semester 1

Silvia, Febri (2013) Pembuatan Instrumen Penilaian Berbahasa Inggris Berbasis ICT untuk Pembelajaran Fisika Siswa R-SMABI Kelas XI Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBRI_SILVIA_01942_952_2013.pdf] Text
B1_5_FEBRI_SILVIA_01942_952_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Instrumen penilaian merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran di sekolah, termasuk RSBI. Pengembangan instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan RSBI masih menjadi kendala bagi guru-guru di RSBI. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah mengembangkan instrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT. Penggunaan Instrumen Penilaian Berbahasa Inggris Berbasis ICT diperkirakan dapat membuat proses penilaian pembelajaran Fisika di RSBI lebih menyeluruh dan lebih menarik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal-soal dalam instrumen penilaian yang valid dan memiliki kriteria baik dan menghasilkan instrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT yang valid, memiliki deskripsi baik, dan praktis Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek penelitian ada dua yaitu Instrumen Penilaian Berbahasa Inggris Berbasis ICT dan siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Padang yang berjumlah 27 orang. Prosedur penelitiannya meliputi: mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain produk, melakukan validasi desain, merevisi desain, dan melakukan uji coba produk. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar validasi tenaga ahli, angket respon guru dan angket respon siswa,. Teknik analisis data penelitian adalah interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik dan analisis secara deskriptif pada uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empat hasil penelitian. Pertama, soal-soal dalam insrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT sudah valid dan berada pada kriteria baik. Kedua, desain instrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT sangat valid dengan nilai rata-rata 86. Ketiga, hasil deskripsi desain produk instrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT berada pada kategori baik. Keempat, penggunaan instrumen penilaian berbahasa Inggris berbasis ICT dalam penilaian hasil pembelajaran Fisika adalah praktis yang ditandai dengan nilai rata-rata hasil tanggapan guru Fisika R-SMA-BI adalah 84,7 dan nilai rata-rata hasil observasi pelaksanaan Instrumen Penilaian Berbahasa Inggris Berbasis ICT adalah 86,53.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ICT, Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:18
Last Modified: 03 Jun 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item
View Item