Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Dengan Media Presentasi Slide Terhadap Hasil Belajar Kelas X Sekolah Mengenah Kejuruan Negeri 1 Hiliran Gumanti. Kabupaten Solok

Noza, Afri (2011) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Dengan Media Presentasi Slide Terhadap Hasil Belajar Kelas X Sekolah Mengenah Kejuruan Negeri 1 Hiliran Gumanti. Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AFRI_NOZA_94312_2011.pdf] Text
B1_5_AFRI_NOZA_94312_2011.pdf

Download (237kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMK N 1.Hiliran Gumanti masih ada siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang ditetapkan sekolah yaitu 60 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah metode mengajar dan media pembelajaran yang kurang inovatif. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan media slide untuk mengingkatkan daya creative dan ingat siswa pada materi pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, dimana populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1.Hiliran Gumanti Tp. 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan berstrata proposional (Proportionate stratified random sampling) setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi dengan bantuan software excel, kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan motoda pembelajaran CTL dengan media slide, dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software excel untuk uji homogenitas dan normalitas, uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan motoda pembelajaran CTL dengan media slide yaitu 70,58 sementara siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional lebih rendah yaitu 61,47

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Contextual Teaching Learning dengan media slide dan Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:17
Last Modified: 03 Jun 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item
View Item