Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa di SMPN 18 Padang

Wati, Feblina (2016) Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa di SMPN 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBLINA_WATI_1105525_5878_2016.pdf] Text
B1_5_FEBLINA_WATI_1105525_5878_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan sebagian siswa di SMPN 18 Padang yang mengalami masalah dengan interaksi sosial dan konsep diri yaitu ada siswa yang hanya mau berkumpul dengan teman-teman tertentu saja, dan ada juga siswa yang terasing dari pergaulan teman-temannya. Siswa yang tidak mempunyai kelompok atau terisolir ini menjadi tidak percaya diri, minder, dan menjadi pendiam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan konsep diri dengan interaksi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 18 Padang. Sampel penelitian ini adalah 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik ststistik dengan menentukan nilai persentase dan skor. Kemudian dianalisis dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) windows 20.0. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa, interaksi sosial berada pada kategori baik, konsep diri berada pada kategori positif, dan terdapat hubungan yang signifikan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial, dengan Correlation sebesar 0,664 dan taraf signifikansi 0,000 dengan tingkat keeratan hubungan antar variabel cukup berarti. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri mempengaruhi interaksi sosial siswa. Diharapkan hendaknya guru BK dapat membantu siswa di SMPN 18 Padang mempertahankan dan meningkatkan konsep diri dengan interaksi sosialnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Interaksi Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:17
Last Modified: 03 Jun 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item
View Item