Riyanda, Afif Rahman (2014) Kontribusi Minat dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Jaringan Siswa Kelas X TKJ SMKN 5 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AFIF_RAHMAN_RIYANDA_98986_3081_2014.pdf [thumbnail of B1_5_AFIF_RAHMAN_RIYANDA_98986_3081_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AFIF_RAHMAN_RIYANDA_98986_3081_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil survei yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMKN 5 Sijunjung pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam mata pelajaran Instalasi Jaringan, dimana 44,52% relative besar mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Instalasi Jaringan yaitu 75 dengan rentang nilai 0 - 100. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi minat dan cara belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Jaringan siswa kelas X TKJ SMKN 5 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah korelasi/korelasional. Populasi penelitian berjumlah 74 orang dan sampel berjumlah 43 orang siswa kelas X di SMKN 5 Sijunjung Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proporsional random sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran Instalasi Jaringan data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran Instalasi Jaringan. Sedangkan data minat dan cara belajar siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 16 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Minat memberikan kontribusi sebesar 14,09% terhadap hasil belajar siswa, (2) Cara belajar memberikan kontribusi sebesar 12,9% terhadap hasil belajar siswa, (3) Minat cara belajar secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 28,1% terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Instalasi Jaringan siswa kelas X SMKN 5 Sijunjung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jadi dapat disimpulkan bahwa Minat dan Cara Belajar berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi minat belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan semakin baik cara belajar, maka hasil belajar akan semakin baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Cara Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:16 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13078 |