Pramesti, Advis Arin (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 X Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_1100527_1214_2016.pdf [thumbnail of B1_5_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_1100527_1214_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_1100527_1214_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini dapat terlihat dari adanya siswa yang terlambat datang ke sekolah, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan di depan kelas, tidak mencatat penjelasan guru saat proses belajar, melakukan kegiatan lain saat guru menerangkan pelajaran di depan kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan.tidak hadir ke sekolah tanpa keterangan. Sedangkan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa dalah motivasi belajar. Melihat gejala tersebut maka batasan dalam penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 X Koto Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, Sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 X Koto, berjumlah 142 siswa dari kelas VIII dan IX yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sampel terpilih sebanyak 142 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala dengan model Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase skor. Temuan penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 X Koto adalah (1) Faktor cita-cita atau aspirasi siswa tidak mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 73,50%. (2) Faktor kemampuan siswa cukup mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 59,37%. (3) Faktor kondisi siswa cukup mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 59,46%. (4) Faktor kondisi lingkungan siswa cukup mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 59,92%. (5) Faktor unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran cukup mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 59,32%. (6) Faktor upaya guru dalam membelajarkan siswa tidak mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 73,15%. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada Guru BK agar dapat membantu siswa dalam mengentaskan permasalahan siswa yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa, sehingga dapat membantu siswa agar memiliki motivasi belajar yang bagus melalui layanan BK
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13068 |