Pengaruh Hambatan Samping terhadap Pelayanan Jalan: Studi Kasus Jalan S. Parman Padang dari Jembatan sampai Simpang Labor

Nopatra, Herial (2011) Pengaruh Hambatan Samping terhadap Pelayanan Jalan: Studi Kasus Jalan S. Parman Padang dari Jembatan sampai Simpang Labor. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_HERIAL_NOPATRA_87676_204_2012.pdf] Text
B1_HERIAL_NOPATRA_87676_204_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jalan Kota Padang mempunyai peranan yang penting dalam mendukungsektor-sektor perdagangan, perkantoran, pendidikan, dan jasa yang semua itudapat berjalan dengan baik apabila sarana-sarana pendukung cukup memadai.Jika volume arus lalulintas sudah mendekati atau melebihi kapasitas jalan yangada, sehingga menimbulkan suatu kemacetan dan mengurangi kenyamanan.Salah satu jalan kota yang mengalami kemacetan lalulintas adalah JalanS. Parman yang diakibatkan banyaknya aktivitas pergerakan lalulintas pada sektorpendidikan, perkantoran dan permukiman, juga dari sikap pejalan kaki, pedagangkaki lima (PKL), dan travel liar yang memadati ruas jalan tersebut. Daripengamatan di lokasi diketahui terjadi penurunan kinerja yang diindikasikandengan berkurangnya kecepatan, yang menyebabkan terjadinya kemacetan padajam-jam sibuk.Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka penelitian yang akandilaksanakan melalui studi ini adalah “Pengaruh Hambatan Samping TerhadapPelayanan Jalan”. Metode pendekatan yang digunakan dalam studi ini bersifatdeskriptif kuantitatif dengan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI 1997), yang bertujuan untuk mengetahui tingkat hambatan samping,derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan tingkat pelayan jalan.Dari hasil analisis data, diperoleh derajat kejenuhan (DS) 0,35, kecepatantempuh rata-rata 44,68 km/jam, waktu tempuh rata-rata 16 detik/200m, tingkatpelayanan jalan (level of service) berada pada tingkat A dan B, dengan tingkathambatan samping sedang dan tinggi.Berdasarkan analisis data, derajat kejenuhan (DS) masih memenuhikriteria kelayakan dari batas maksimum operasional sebesar 0,8. Tingkathambatan samping sedang dan tinggi terjadi karena tidak disiplinnya penggunajalan, sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan sesaat.Kata kunci : Tingkat Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Tempuh,Waktu Tempuh, Tingkat Pelayanan Jalan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN JALAN, JALAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:28
Last Modified: 03 Jun 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item
View Item