Sukma, Adila (2016) Efektifitas Sosialisasi Pemberian Santunan Korban Kecelakaan oleh PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat pada Transportasi Umum (Darat) di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ADILA_SUKMA_1201604_4678_2016.pdf [thumbnail of B1_5_ADILA_SUKMA_1201604_4678_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ADILA_SUKMA_1201604_4678_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Latar Belakang dilakukan Penelitian ini karena masih banyaknya masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan pada alat/transportasi umum (darat) maupun angkutan pribadi yang belum mendapatkan haknya yaitu asuransi/santunan dari pihak Jasa Raharja. Salah satu faktor penyebab hal ini adalah belum optimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Jasa Raharja. Tujuan penelitian ini yaitu a. Untuk mengetahui dan memahami efektifitas sosialisasi pemberian santunan korban kecelakan oleh PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat pada transportasi umum (darat) di Kota Padang. b. Untuk mengetahui apa faktor penghambat efektifitas sosialisasi pemberian santunan korban kecelakaan oleh PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat c. Mengetahui dan memahami upaya-upaya yang dilakukan oleh PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat dalam meningkatkan efektifitas sosialisasi khususnya sosialisasi pemberian santunan korban kecelakaan pada transportasi umum (darat). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan lokasi penelitian di PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat yang terletak di JL. HR Rasuna Said No.1, Padang. Alasan pengambilan lokasi ini karena PT. Jasa Raharja merupakan perwakilan cabang untuk Provinsi Sumatera Barat dan satusatunya perusahaan Asuransi Sosial yang menjalankan amanat dari UU 33 dam 34 Tahun 1994 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektifitas sosialisasi pemberian santunan korban kecelakaan oleh PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat pada transportasi umum (darat) di Kota Padang sudah dilakukan dengan baik, ditandai dengan indikator efektifitas, tujuan dan Visi Misi PT. Jasa Raharja (Persero) yang telah dicapai. Namum sebenarnya dalam hal sosialisasi masih belum dapat dikatakan efektif, dibuktikan dengan hasil wawancara dengan salah satu karyawan Jasa Raharja dan beberapa masyarakat baik pengguna maupun penumpang alat transportasi. Adapun faktor penghambat yang ditemukan didalam sosialisasi oleh PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Barat antara lain adalah kendala-kendala dalam segi masyarakat, pekerjaan rutin yang harus di kerjakan, keterbatasan dana dan sumber daya manusia. Adapun upaya-upaya yang dilakukan di dalam meningkatkan efektifitas sosialisasi PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat antara lain dapat dilihat dari perspektif masyarakat, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dan perspektif keuangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosialisasi, Pemberian santunan dan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Barat. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13053 |