Hubungan Antara Pemahaman Diri dengan Arah Pilihan Karir Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang

Caniago, Adi Syaputra (2012) Hubungan Antara Pemahaman Diri dengan Arah Pilihan Karir Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ADI SYAPUTRA_01334_6112_2012.pdf] Text
B1_5_ADI SYAPUTRA_01334_6112_2012.pdf

Download (387kB)

Abstract

Siswa SMA berada dalam periode remaja diharapkan dapat mencapai tugastugas perkembangannya. Salah satu tugas perkembangan itu adalah mempersiapkan karir untuk masa yang akan datang. Keberhasilan siswa dalam menentukan arah pilihan karir untuk masa depan dipengaruhi oleh pemahaman diri. Namun, pada kenyataannya, masih ada siswa yang belum dapat menentukan arah pilihan karirnya yang didasarkan pemahaman akan dirinya. Untuk itu, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pemahaman diri dan arah pilihan karir siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu mendeskripsikan pemahaman diri dan arah pilihan karir siswa serta melihat hubungan pemahaman diri dengan arah pilihan karir siswa kelas XI Adabiah Padang. Populasi penelitian berjumlah 762 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013, dengan sampel berjumlah 114 orang. Pengumpulan data menggunakan angket tentang pemahaman diri dan arah pilihan karir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik. Untuk melihat hubungan pemahaman diri dengan arah pilihan karir siswa digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS for windows release 17. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman diri siswa dikategorikan cukup baik, (2) arah pilihan karir siswa berada pada kategori baik. (3) kemudian, terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman diri dengan arah pilihan karir siswa SMA Adabiah Padang dengan r hitung sebesar 0,490 pada taraf signifikansi 0,005. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK agar membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman dirinya melalui layanan bimbingan dan konseling, seperti memberikan layanan informasi dengan materi meningkatkan pemahaman diri, melaksanakan layanan orientasi dengan mengajak siswa ke instansi atau lembaga karir yang mereka inginkan sehingga siswa menjadi tahu gambaran instasi atau lembaga karir yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Diri, Pilihan Karir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:33
Last Modified: 03 Jun 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item
View Item