Arisandi, Anggi (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Cerebral Palsy Kelas V.d di SLB YPPLB Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ANGGI_ARISANDI_95891_5931_2014.pdf [thumbnail of B1_2_ANGGI_ARISANDI_95891_5931_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ANGGI_ARISANDI_95891_5931_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Siswa cerebral palsy merupakan siswa yang aktif dalam melakukan kegiatan
olahraga yang disenanginya, serta memiliki potensi yang bisa untuk dikembangkan
namun memiliki hambatan dalam segi motoriknya serta memiliki emosi yang tidak
stabil. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan melihat pelaksanaan
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak cerebral palsy
kelas V.d di SLB YPPLB Padang.
Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat kondisi objektif secara alamiah dan tidak diperlukan
pengontrolan terhadap perlakuan karena penelitian ini tidak dimaksudkan untuk
menguji hipotesis tertentu namun hanya menggambarkan apa adanya gejala yang
diteliti. Oleh karena itu, peneliti ingin menjabarkan pelaksanaan pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak Cerebral Palsy kelas V.d di
SLB YPPLB Padang.
Berdasarkan dari delapan kali (8x) catatan lapangan yang ada, peneliti belum
melihat program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang
khusus bagi anak Cerebral Palsy kelas V.d di SLB YPPLB Padang. Hal ini juga
dibenarkan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berinisial ZL,
beliau mengatakan bahwa tidak ada pengkhususan dalam kegiatan pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak Cerebral Palsy tersebut. Selain
itu guru juga dapat mengatasi masalah/ kendala yang dihadapi saat pembelajaran
yang berlangsung di kelas/ di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
tidak ada program khusus yang dirancang guru untuk anak Cerebral Palsy kelas V.d,
serta tidak ada perbedaan kegiatan pengajaran saat PBM berlangsung. Untuk itu,
peneliti menyarankan agar guru mampu membuat program khusus bagi anak Cerebral
Palsy kelas V.d, sehingga perkembangan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga
dan kesehatan bagi anak cerebral palsy bisa seoptimal mungkin
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:53 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12958 |