Pengaruh LKS Berorientasi Strategi Pembelajaran Genius dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang

Fauziah, Fauziah (2015) Pengaruh LKS Berorientasi Strategi Pembelajaran Genius dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FAUZIAH_16023_2279_2015.pdf] Text
B1_5_FAUZIAH_16023_2279_2015.pdf

Download (489kB)

Abstract

Pembelajaran untuk membuat siswa aktif, menyenangkan, dan mengembangkan nilai karakter perlu dilakukan, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang tidak aktif dan kurang menyenangi pembelajaran Fisika. Alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan LKS berorientasi strategi pembelajaran genius dengan mengintegrasikan nilai karakter. Pengintegrasian nilai karakter dimaksudkan untuk mengarahkan pembelajaran pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berorientasi strategi pembelajaran genius dengan mengintegrasikan nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Model rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian diperoleh dengan menerapkan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu X6 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar pada ranah kognitif, lembar observasi pada ranah afektif, dan lembar penilaian kinerja pada ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini disebabkan oleh pengaruh LKS berorientasi strategi pembelajaran genius dengan mengintegrasikan nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh LKS berorientasi strategi pembelajaran genius dengan mengintegrasikan nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Pembelajaran Genius, Mengintegrasikan Nilai Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:39
Last Modified: 02 Jun 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item
View Item