Body Image Siswa Ditinjau dari Gender dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Alidia, Fauzana (2014) Body Image Siswa Ditinjau dari Gender dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FAUZANA_ALIDIA_54169_3816_2014.pdf] Text
B1_5_FAUZANA_ALIDIA_54169_3816_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Body image adalah gambaran persepsi, perasaan dan sikap seseorang mengenai tubuhnya secara keseluruhan atau bagian tubuh tertentu. Perbedaan body image dipengaruhi oleh beberapa aspek salah satunya yakni gender. Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) Gambaran mengenai body image siswa laki-laki, 2) Gambaran mengenai body image siswa perempuan, 3) perbedaan body image antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Mutiara Tahun Pelajaran 2013/2014 (285 orang), dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa laki-laki dan 110 siswa perempuan, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yakni skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase, sedangkan tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik t-test. Temuan penelitian menunjukan bahwa: 1) Body image laki-laki berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 68.807%, 2) Body image siswa perempuan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 65.779%, 3)Terdapat perbedaan antara body image siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan nilai ttabel sebesar 2.453.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Body image, gender
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:11
Last Modified: 02 Jun 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item
View Item