Konfomitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. (Studi Deskriptif terhadap Siswa MAN 1 Model Bukittinggi)

Yulfitri, Fatmi (2014) Konfomitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. (Studi Deskriptif terhadap Siswa MAN 1 Model Bukittinggi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FATMI_YULFITRI_11849_761_2014.pdf] Text
B1_5_FATMI_YULFITRI_11849_761_2014.pdf

Download (557kB)

Abstract

Konformitas internalisasi perlu dikembangkan dalam pendidikan. Pengembangan konformitas internalisasi di lingkungan sekolah menjadikan siswa yang dapat mengoptimalkan kemampuan internalnya untuk memikirkan, merasakan, mempertimbangkan segala sesuatu dalam berperilaku mematuhi peraturan sekolah. Kenyataan di lapangan pengaruh sosial menjadi penyebab siswa patuh terhadap peraturan sekolah, seperti takut diberi sanksi, ingin dipuji guru, malu ditertawakan teman dan sebagainya. MAN 1 Model Bukittinggi merupakan sekolah yang bercirikan Islami yang memerlukan pengembangan kemampuan internal siswanya dalam mematuhi peraturan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan kedatangan dan kehadiran, peraturan dalam belajar dan peraturan umum sekolah serta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket. Populasi penelitian adalah semua siswa MAN 1 Model Bukittinggi dan yang menjadi sampel penelitan ini adalah siswa kelas X.2, XI IPS.1 dan XII IPA.2yang berjumlah 90 orang. Temuan penelitian mengungkapkan secara sebagian besar konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan sekolah tergolong sedang dengan persentase 57,5% yang berkaitan dengan konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan kedatangan dan kehadiran, konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan dalam belajar dan konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan umum sekolah. Implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling yaitu pemberian layanan orientasi, layanan informasi dan layanan konseling perorangan serta layanan konseling kelompok. Saran diberikan kepada guru BK untuk lebihmengoptimalkan pengembangan kemampuan internalisasi siswa dalam layanan bimbingan dan konseling.Kemudian bagi peneliti selanjutnya agar dapat membahas mengenai peranan guru BK dalam rangka pengembangan kemampuan internalisasi siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konfomitas, Peraturan Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:06
Last Modified: 02 Jun 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12931

Actions (login required)

View Item
View Item