Iffah, Hafizatul (2011) Perbandingan Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Metode Pembelajaran Konvensional pada Standar Kompetensi Menganalisis Rangkaian Listrik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_HAFIZATUL IFFAH-94133-2011.pdf [thumbnail of B1_HAFIZATUL IFFAH-94133-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_HAFIZATUL IFFAH-94133-2011.pdf
Download (380kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah I Padang. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada standarkompetensi Menganalisis Rangkaian Listrik melalui penerapan metodepembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarkelas eksperimen dengan kelas kontrol.Metode penelitian ini bersifat eksperimen, yaitu bertujuan untuk melihatakibat dari suatu perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusanTeknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah I Padang pada tahunpelajaran 2010/2011. Populasi kecil sehingga keseluruhan populasi dijadikansampel. Selanjutnya, kelas sampel dipilih secara acak untuk menentukan kelaseksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas XTITL A dengan jumlah responden 20 orang dan kelas konrol adalah kelas X TITLB dengan jumlah responden 20 orang. Data hasil belajar didapat dari nilai posttestdan dianalisis menggunakan uji t.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, didapat hargahitung t adalah 0,3333. Maka untuk pengujian hipotesis, harga hitung t dibandingkandengan ttabel. Untuk melihat ttabel digunakan dk = n1 + n2 – 2 dengan tarafsignifikansi 0,05, dicari pada tabel distribusi-t, didapat ttabel= 2,0252. Dapatdisimpulkan bahwa -ttabel ≤ thitung ≥ +ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterimayaitu Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa padapenerapan pembelajaran metode kooperatif tipe STAD dibandingkan denganpembelajaran konvensional pada standar kompetensi Menganalisis RangkaianListrik (MRL) siswa kelas X TITL di SMK Muhammadiyah I Padang. Bila dilihatdari rata-rata skor postest, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar pada standar kompetensi MenganalisisRangkaian Listrik siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKMuhammadiyah 1 Padang. Hal ini terbukti dengan lebih tingginya rata-rata skorpostest yang diperoleh siswa pada kelas dengan penerapan metode pembelajarankooperatif tipe STAD yaitu 79,25, sedangkan dengan metode pembelajarankonvensional, rata-rata skor postestnya sebesar 69,75.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:06 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12929 |