Pengaruh Implementasi CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Dasar-Dasar Elektronika di SMK N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Samsuri, Fatma Suryani (2015) Pengaruh Implementasi CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Dasar-Dasar Elektronika di SMK N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FATMA_SURYANI_SAMSURI_1106773_4080_2015.pdf] Text
B1_5_FATMA_SURYANI_SAMSURI_1106773_4080_2015.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMK N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman, bahwa hasil belajar siswa pada mata diklat Dasar-Dasar Elektronika masih rendah. Kurangnya strategi guru dalam pembelajaran Dasar-Dasar Elektronika, kurangnya media yang mendukung pemahaman siswa terhadap Dasar-Dasar Elektronika, sehingga menyebabkan kejenuhan pada siswa dan mengurangi niat belajar mereka. Selain itu media yang digunakan oleh guru masih terlihat monoton untuk pembelajaran Dasar-Dasar Elektronika yang biasa digunakan tiap tahunnya, yaitu melalui metode konvensional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Implementasi CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Elektronika di SMK N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMK N 1 Rao Selatan kelas X TAV yang berjumlah 64 orang yang terbagi dalam 2 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelompokAV1 dan kelompok AV2 masing-masingnya berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soalobjektif sebanyak 30 butir soal dan alat pengumpul data digunakan lembaranjawaban. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah75,81sedangkan pada kelompok kontrol adalah72,69.Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,43 dan t tabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 62. Maka dapat disimpulkan penggunaan Media CD Interaktif sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Dasar-Dasar Elektronika di SMK N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, CD Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:21
Last Modified: 02 Jun 2025 06:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item
View Item