Kontribusi Minat Belajar dan E-learning sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara

Hanum, Faridah (2015) Kontribusi Minat Belajar dan E-learning sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FARIDAH_HANUM_16733_2315_2015.pdf] Text
B1_5_FARIDAH_HANUM_16733_2315_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah belum maksimalnya hasil belajar mata diklat Jaringan Dasar pada semester genap 2013/2014, dimana 30,56% mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi minat belajar dan e-learning sebagai media pembelajaran secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 72 orang dan sampel berjumlah 42 orang siswa kelas X TKJ di SMK N 1 Air Putih. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari wali kelas X TKJ. Sedangkan data minat belajar dan e-learning sebagai media pembelajaran dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) minat belajar dan elearning sebagai media pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TKJ SMK N 1 Air Putih sebesar 35,30%, (2) minat belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TKJ SMK N 1 Air Putih sebesar 22,28%, (3) elearning sebagai media pembelajaran berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TKJ SMK N 1 Air Putih sebesar 30,14%. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan e-learning sebagai media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TKJ di SMK N 1 Air Putih, semakin meningkat minat belajar dan semakin tinggi penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran , maka semakin tinggi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, E-learning sebagai Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:20
Last Modified: 02 Jun 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item
View Item