Hubungan Self-Efficacy dengan Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Umum

Rasid, Abdul (2021) Hubungan Self-Efficacy dengan Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Umum. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ABDUL_RASID_15006031_152_2022.pdf] Text
B1_5_ABDUL_RASID_15006031_152_2022.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa berbicara di depan umum memiliki peranan yang sangat penting. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang cemas ketika berbicara di depan umum untuk menyampaikan pendapat, mengajukan pertanyaan dan jawaban, serta menyampaikan informasi kepada orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umum adalah self-efficacy. Penelitian ini bertujuan adalah pertama, mendeskripsikan kecemasan siswa berbicara di depan umum. Kedua, mendeskripsikan self-efficacy siswa. Ketiga, menguji hubungan self-efficacy dengan kecemasan siswa berbicara di depan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 836 orang siswa yang berada pada kelas X dan XI di SMKN 9 Padang yang terdaftar pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2020/2021. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 271 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah daftar isian “Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Umum dan Self-Efficacy Siswa” dengan realibilitas 0,956 (Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Umum) dan 0,908 (Self-Efficacy Siswa). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional, pengujian menggunakan rumus korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pertama, kecemasan siswa berbicara di depan umum berada pada kategori rendah. Kedua, self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi. Ketiga, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan siswa berbicara di depan umum dengan korelasi sebesar -0,252 dan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, Kecemasan Berbicara di Depan Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:18
Last Modified: 02 Jun 2025 05:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item
View Item