Hatari, Intan Hawa (2018) Hubungan Profesionalisme Guru terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengoperasikan PLC di SMKN 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_03_INTAN_HAWA_HATARI_14063056_4856_2018.pdf [thumbnail of B1_5_03_INTAN_HAWA_HATARI_14063056_4856_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_03_INTAN_HAWA_HATARI_14063056_4856_2018.pdf
Download (718kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Profesionalisme guru terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan PLC di SMKN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode menggunakan metode penelitian campuran (mix-method). Responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Mengoperasikan PLC dan siswa kelas XI Teknik Mekatronika sebagai responden wawancara dan angket. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada tiga dosen sebagai validator. Lembar wawancara untuk memperoleh data mengenai profesionalisme guru mata pelajaraa Mengoperasikan PLC di SMKN 1 Sumatera Barat. Lembar angket minat belajar untuk memperoleh data minat belajar siswa pada mata pelajaran Mengoperasikan PLC di SMKN 1 Sumatera Barat. Berdasarka penelitian yang telah dilakukan didapat data bahwa tingkat profesionalisme guru mata pelajaran mengoperasikan PLC cukup baik dibuktikan dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Sedangkan untuk minat belajar siswa didapat tingkat capaian responden sebanyak 72,51% yang berarti siswa memiliki minat yang baik dalam mata pelajaran mengoperasikan PLC. Untuk hasil belajar yang diperoleh dari nilai ujian semester genap tahun ajaran 2017/2018 bahwa yang berada dalam kategori sangat baik yaitu 17 orang atau sebesar 68%, kategori baik 8 orang atau sebesar 32% sedangkan kategori cukup, kurang dan sangat kurang tidak ada atau 0. Hal ini berarti terdapat hubungan antara profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan PLC di SMKN 1 Sumatera Barat. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru mata pelajaran mengoperasikan PLC dengan hasil belajar siswa di SMKN 1 Sumatera Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesionalisme, minat, hasil belajar, PLC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:53 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 05:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12861 |