Irmansyah, Irmansyah (2012) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Autocad Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IRMANSYAH_94118_2012_2759.pdf [thumbnail of B1_2_IRMANSYAH_94118_2012_2759.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IRMANSYAH_94118_2012_2759.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga
pendidikan formal dalam bidang teknik yang merupakan integral dari sistem
pendidikan teknologi dan kejuruan di Indonesia. Berdasarkan pengamatan penulis di
SMK N 1 Pariaman, hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan dalam
mata diklat Gambar Autocad masih rendah atau belum memenuhi standar
kompetensi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi
belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Gambar Autocad kelas XI SMK N
1 Pariaman Semester I Jurusan Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2010/2011.
Populasi penelitian 58 siswa dan sebagai sampelnya diambil sebanyak 49 siswa
dengan menggunakan teknik Random Sampling.
Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu motivasi belajar yang merupakan
variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar autocad yang
merupakan variable terikat (Y). Penyusunan instrumen penelitian berpedoman pada
skala Likert. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu
dilakukan uji coba guna mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis
validitas menggunakan teknik Bivariate Pearson (Korelasi Produk Momen) dan
reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis reliabilitas
instumen adalah 0,918 (handal). Hasil analisis yang dilakukan memperlihatkan
tingkat pencapaian motivasi belajar sebesar 77,61%. Data tersebut berdistribusi
normal dan linier pada taraf signifikan 0,05.
Dari analisis korelasi antara variabel X dan Y didapat harga rhitung sebesar
0,525 > rtabel 0,282 dan dari uji keberartian korelasi diperoleh thitung ≥ ttabel (4,22 >
2,012) pada taraf signifikansi 0,05. Maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang
signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar
autocad. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan
kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat gambar
autocad sebesar 27,56%. Ini berarti motivasi belajar merupakan salah satu faktor
penting yang dapat memprediksi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
diklat gambar autocad
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12841 |