Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay Dengan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota

Yuspika, Ria (2012) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay Dengan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RIA_YUSPIKA_88691_6784_2012.pdf] Text
B1_1_RIA_YUSPIKA_88691_6784_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan terhadap hasil belajar ekonomi siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay denganmetode Diskusi pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah LimoNagari. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Purposive Sampling Method, yang mana pemilihan sampel diambil dari kriteria kelas yang memiliki rata- rata nilai yang hampir sama antar kelas, sehingga diperoleh kelas X sebagaikelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,58 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 72,88, dan pada hasil posttest diperoleh nilai Zhitung3> Z(3,31 > 1,96). Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dengan metode diskusi pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 KecamatanSitujuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota. Dimana penggunaan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode Diskusi. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran tabel Course Review Horay sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Tetapi, pada materi tentang mengetahui bentuk fungsi tabungan jika fungsi konsumsi diketahuiyang terletak pada indikator mendeskripsikan fungsi konsumsi dan tabungan serta menggambarkan kurvanya belum cocok menggunakan metode CRH jadi guru dapat memilih metode lain dalam menjelaskan materi ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran Course Review Horay; Metode Diskusi; Siswa; SMA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:54
Last Modified: 21 Jan 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item