Ersya, Zikry Latupasjana (2018) Psychological Well-Being Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_14006043_2128_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_14006043_2128_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_14006043_2128_2018.pdf
Download (555kB)
Abstract
Terpenuhinya kebutuhan psikologis maupun fisik dapat membuat individu menjadi sejahtera. Dilihat dari tugas-tugas perkembangannya siswa diharapkan mencapai tugas perkembangan dengan baik. Siswa yang mencapai tugas-tugas perkembangannya akan mampu menerima diri sendiri, memiliki otonomi sendiri dan mampu merumuskan tujuan hidupnya. Namun fenomena yang ditemukan adanya individu yang memiliki kesejahteraan psikologis yang kurang baik dapat merasa kecewa terhadap lingkungan, mengalami kesukaran karena sejumlah kualitas pribadi tidak terpenuhi, individu yang sulit percaya dengan orang lain, merasa kesulitan untuk bersikap hangat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Psychological Well-being siswa di SMA N 7 Padang. Jenis penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah semua siswa kelas sepuluh dan sebelas yang berjumlah 240 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berskala model likers. Hasil penelitian mengungkapkan psychological well-being dengan rincian masing-masing sub variable sebagai berikut: (1) Penerimaan diri siswa pada umumnya berada pada kategori cukup baik; (2) hubungan positif dengan orang lain di sekolah pada umumnya berada pada kategori cukup baik; (3) otonomi siswa pada umumnya berada pada kategori cukup baik; (4) penguasaan lingkungan siswa pada umumnya berada pada kategori cukup baik; (5) keyakinan memiliki tujuan hidup siswa pada umumnya berada pada kategori cukup baik; dan perkembangan pribadi siswa pada umumnya berada pada kategori baik. Dari hasil temuan tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa psychological wellbeing siswa di sekolah berada pada kategori cukup baik. Idealnya psychological well-being siswa seharusnya berada pada kategori sangat baik. Dengan temuan penelitian tersebut, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling seperti, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok, khususnya berkaitan dengan meningkatkan psychological well-being siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psychological, psychological well-being, personal growth. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12753 |