Fikri, M. (2021) Hubungan Self-Regulated Learning dengan Kecemasan Akademik Siswa pada Era New Normal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_M_FIKRI_17006093_4899_2021.pdf [thumbnail of B1_05_M_FIKRI_17006093_4899_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_M_FIKRI_17006093_4899_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kecemasan akademik merupakan keadaan emosi individu yang merasatakut, khawatir, tegang, yang berhubungan dengan aktivitas akademik di sekolah.Kecemasan akademik yang dialami siswa membuat siswa sulit untukberkonsentrasi pada berbagai tugas akademik seperti membaca, menulis,mendengar, dan berbicara. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasanakademik siswa adalah self-regulated learning. Dengan self-regulated learningpara siswa menjadi lebih mandiri, menjadi mahir dalam meregulasi belajarnyasendiri dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan gambaran self-regulated learning dan mendeskripsikangambaran kecemasan akademik siswa serta menguji hubungan antara selfregulatedlearningdengankecemasanakademiksiswadiSMAN2KotaPadang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi yangdigunakan dalam penelitian ini sebanyak 454 orang siswa yang terdaftar padatahun ajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 213 orang, yang dipilih denganteknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan angket self-regulated learning dan angket kecemasan akademik siswamodel Skala Likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptifdan untuk menguji hubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson ProductMoment dengan program Statical Product and Service Solution (SPSS) version20.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat self-regulated learningsiswa di SMA N 2 Kota Padang berada pada kategori tinggi dengan persentase51,6%, (2) tingkat kecemasan akademik siswa di SMA N 2 Kota Padang beradapada kategori rendah dengan persentase 56,3%, (3) terdapat hubungan yangsignifikan dan negatif antara self-regulated learning dengan kecemasan akademiksiswa di SMA N 2 Kota Padang dengan besar korelasi -0,417 yang berada padakategori sedang dan signifikansi 0,001.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-regulated learning, Kecemasan akademik, Era new normal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:08 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12719 |