Meta Analisis Pengaruh Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Fisika dan IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa

Insani, Lyra Tri (2020) Meta Analisis Pengaruh Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Fisika dan IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LYRA_TRI_INSANI_16033103_3579_2020.pdf] Text
B1_05_LYRA_TRI_INSANI_16033103_3579_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abad 21 berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologiinformasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam prosespembelajaran sudah memasuki era yang moderen. Kemampuan berpikir kritis,memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalammemasuki kehidupan abad 21. Kondisi nyata yang ditemukan di lapangan adalahhasil belajar siswa rendah, tingkat berpikir siswa rendah dan adanya miskonsepsisaat pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalahdengan menggunakan pendekatan saat pembelajaran, yaitu CTL. Oleh karena ituperlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai CTL.Jenis penelitian yang dilakukan adalah meta-analisis. Meta analisis adalahpenelitian yang dilakukan peneliti dengan cara merangkum data penelitian,mereview dan menganalisis data penelitian dari beberapa hasil penelitian yangsudah ada sebelumnya. Langkah-langkah meta analisis yaitu melakukan tinjauanpustaka, mengumpulkan data, mempelajari dan menilai artikel, menganalisis danmenafsirkan artikel dan menyusun hasil laporan. Kriteria artikel yang digunakanyaitu harus terdapat data statistik yang diperlukan.Dari analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian ini.Pertama, penggunaan CTL memberikan pengaruh yang berarti pada jenjangpendidikan SMA dibandingkan pada jenjang pendidikan SMP dan SD. Kedua,penggunaan CTL memberikan pengaruh yang berarti pada materi hukum newtondengan efek rata-rata 4,32. Ketiga, penggunaan CTL memberikan pengaruh yangberarti pada hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan SMA dengan efek ratarata1,44.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Hasil Belajar, Meta Analisis, Fisika, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 28 May 2025 08:06
Last Modified: 28 May 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item
View Item