Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siiswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik Pada SMK Negeri 2 Pematangsiantar

Marpaung, Parlin (2011) Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siiswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik Pada SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_PARLIN_MARPAUNG_53089_2011.pdf] Text
B1_4_PARLIN_MARPAUNG_53089_2011.pdf

Download (213kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode latihan akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas x Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik pada SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Metoda Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas x jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Tahun Pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 42 siswa. Dari permasalahan yang ada peneliti ingin mengetahui apakah dengan penerapan metode latihan yang digunakan pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dengan menggunakan metode latihan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar dari ratarata 69,76: Pada siklus 1 naik menjadi rata-rata 78 dengan ketuntasan 90,47%, Pada siklus 2 meningkat menjadi rata-rata 79 dengan ketuntasan 95% dan Pada siklus 3 meningkat menjadi rata-rata 81,5 dengan ketuntasan 95%. Berdasarkan hasil pengamatan dan temuan-temuan dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan dari tiga siklus yang dilakukan mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 melalui penerapan metode latihan hasil belajar siswa meningkat. Disarankan kepada para pendidik agar selalu mengamati perkembangan siswa atau anak didik. Dari hasil pengamatan ini dapat ditarik kesimpulan apakah kinerja guru atau hasil pembelajaran yang dilakukan guru dapat merubah tingkah laku siswa. Bila guru atau pendidik belum merasa yakin akan hasil kinerjanya, hendaknya melakukan perbaikan-perbaikan melalui perbaikan tindakan kelas, sehingga akar permasalahan dapat segera diatasi demi perkembangan anak didik ke masa- masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siiswa, Menganalisa Rangkaian Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 May 2025 07:59
Last Modified: 28 May 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item
View Item