Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran TIK di SMA Negeri 1 Painan

Pratiwi, Lulik Ayu (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran TIK di SMA Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LULIK_AYU_PRATIWI_57639_2597_2012.pdf] Text
B1_05_LULIK_AYU_PRATIWI_57639_2597_2012.pdf

Download (212kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukandilapangan yaitu di SMA N 1 Painan, masih banyaknya siswa kelas XI IA 3 dan 4yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada matapelajaran TIK yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100.Adapun tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan apakah ada pengaruh metodemake a match untuk meningkatkan hasil belajar TIK.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Painansebanyak 237 orang siswa. Teknik pengambilan sampel penelitiannyamenggunakan teknik purposeful sampling. Teknik pengumpulan datanyamenggunakan instrumen tes objective multiple choice. Data dianalisis denganstatist ik parametris diantaranya uji normalitas menggunakan chi kuadrat, ujihomogenitas varians dengan mencaridan uji hipotesis menggunakan t-testseparated varians.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa denganmenggunakan metode make a match dengan skor mean = 77,25 lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan skor mean = 68,63. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe strategi make a matchberpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada meterimicrosoft excel , dalam kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angkadengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Purposeful Sampling, make a match dan TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 28 May 2025 07:24
Last Modified: 28 May 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item
View Item