Persepsi Mahasiswa PPLK Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang terhadap Bimbingan Guru Pamong

Utami, Andriani (2016) Persepsi Mahasiswa PPLK Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang terhadap Bimbingan Guru Pamong. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANDRIANI_UTAMI_3584_2016.pdf] Text
B1_01_ANDRIANI_UTAMI_3584_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan guru pamong berdasarkan
persepsi mahasiswa, dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan
Teknik Bangunan yang telah melaksanakan PPLK pada Semester Juli-Desember
2015.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 54 responden. Data
dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan
jawaban. Jumlah butir di dalam angket penelitian sebanyak 47 butir pernyataan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan guru pamong berdasarkan
persepsi mahasiswa adalah : (1) Bimbingan guru pamong pada tahapan kegiatan
mahasiswa selama PPLK berada pada kategori baik sebesar 40,74%.
(2) Bimbingan guru pamong pada masa orientasi/ pengenalan lapangan berada
pada kategori baik sebesar 48,15%. (3) Bimbingan guru pamong pada masa
latihan mengajar berada pada kategori baik sebesar 46,30%, masa latihan
mengajar terdiri dari masa latihan mengajar terbimbing (LMT) yang berada pada
kategori baik sebesar 38,89%, dan masa latihan mengajar mandiri (LMM) yang
berada pada kategori cukup sebesar 29,63%. (4) Bimbingan guru pamong pada
masa ujian pembelajaran berada pada kategori cukup sebesar 24,07%. (5)
Bimbingan guru pamong pada masa Nonteaching berada pada ketegori cukup
sebesar 33,33 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:50
Last Modified: 10 Feb 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item
View Item