Pengaruh Modul Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai Karakter Untuk Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa di Kelas X SMA N 4 Bukittinggi

Tiffani, Dian (2018) Pengaruh Modul Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai Karakter Untuk Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa di Kelas X SMA N 4 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DIAN_TIFFANI_14033064_563_2018.pdf] Text
B1_05_DIAN_TIFFANI_14033064_563_2018.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam Pembelajaran guru masih menggunakan modul cetak yang berisikan materi dan contoh soal sehingga kurang menarik bagi siswa. Modul interaktif dengan pendekatan saintifik dan bermuatan nilai karakter telah dikembangkan oleh Ria Anggraini, modul ini telah teruji validitas dan praktikalitasnya namun belum teruji efektivitasnya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan Modul Interaktif ini untuk mengetahui perngaruhnya pada peningkatan kompetesi siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Designs dengan OneGroup
Pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 36 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes
tertulis pre-test dan post-test untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan serta nilai tugas pada modul interaktif yang digunakan. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier, korelasi product-moment seta uji t berkorelasi pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara modul interaktif dengan kompetensi siswa. Pada kompetensi pengetahuan didapatkan koefisien regresi dan
koefisien determinasi sebesar 0,77 dan 60%, pada kompetensi sikap adalah 0,75 dan 57% serta pada kompetensi keterampilan adalah 0,78 dan 62%. Hipotesis kerja yang berbunyi
“terdapat pengaruh yang berarti pada modul interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai karakter terhadap peningkatan kompetensi siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, modul interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai karakter dapat meningkatkan kompetensi siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 May 2025 00:33
Last Modified: 28 May 2025 00:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item
View Item