Peningkatan Minat Belajar Sejarah (Pada Materi Jenis Peristiwa) Menggunakan Aplikasi “Prezi” di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Padang.

Wahyudi, Chairul (2016) Peningkatan Minat Belajar Sejarah (Pada Materi Jenis Peristiwa) Menggunakan Aplikasi “Prezi” di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_CHAIRUL_WAHYUDI_1201313_5944_2016.pdf] Text
B1_2_CHAIRUL_WAHYUDI_1201313_5944_2016.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam
mengikuti pembelajaran sejarah, terutama terjadi pada siswa kelas XI MIPA SMA
Negeri 3 Padang. Dalam pembelajaran sejarah guru jarang menggunakan media
dalam belajar sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran
sejarah. Untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi siswa tersebut, peneliti
menggunakan aplikasi prezi dalam pembelajaran sejarah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi penggunaan media
prezi dalam proses pembelajaran mata pelajaran sejarah di kelas XI MIPA 5 SMA
Negeri 3 Padang. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan masukan bagi guru
sejarah terutama di SMA Negeri 3 Padang dalam meningkatkan minat belajar
sejarah bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran sejarah dapat tercapai.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari
empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II
sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA
Negeri 3 Padang semester Januari - Juli 2016 yang berjumlah 33 orang. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obervasi
yang berbentuk daftar tally yang memuat indikator minat. Hasil penelitian
terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sejarah diolah menggunakan
rumus persentase P=(F/N)X100%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar sejarah
siswa dengan menggunakan aplikasi Prezi dalam pembelajaran sejarah yang
dibuktikan dengan meningkatnya 14 (empat belas) indikator minat belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
aplikasi Prezi dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa Kelas XI MIPA 5
SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 27 May 2025 07:51
Last Modified: 27 May 2025 07:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item
View Item