Penerapan Metode Mengajar Instruktur dalam Mengaktifkan Warga Belajar pada Pelatihan Komputer di PKBM Putri Gumanti Alahan Panjang

Yuhendika, Zedra (2021) Penerapan Metode Mengajar Instruktur dalam Mengaktifkan Warga Belajar pada Pelatihan Komputer di PKBM Putri Gumanti Alahan Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ZEDRA_YUHENDIKA_3586_17005199_2021.pdf] Text
B1_04_ZEDRA_YUHENDIKA_3586_17005199_2021.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keberhasilan peserta dalam mencapai tujuan untuk mengembangkan pengetahuan mereka tentang komputer. Dengan adanya lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Putri Gumanti yang membuat program pelatihan komputer dapat membantu mewujudkan keinginan peserta serta dapat mencapai pelaksanaan program yang diberikan lembaga. Metode mengajar sangat berpengaruh dalam penyampaian materi, keaktifan peserta bisa terangsang apabila menggunakan metode mengajar yang tepat. Pendekatan dalam penelitian yaitu kualitatif, dengan jenis penelitiannya yaitu metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari peserta pelatihan sebagai subyek, instruktur dan pengelola PKBM sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan metode mengajar instruktur dalam mengaktifkan warga belajar pada pelatihan ini baik, dapat disimpulkan bahwa; a) para peserta aktif dalam mengikuti pelatihan, peserta mencatat serta fokus mendengarkan instruktur saat penyampaian materi. b) para peserta mau bertanya kepada teman serta instruktur apabila ada yang kurang dipahami. c) dalam melakukan praktek para peserta saling membantu apabila ada peserta lain yang kesulitan. d) penggunaan metode bervariasi dinilai sangat efektif dalam pelaksanaan pelatihan, karena para peserta tidak mudah bosan. e) upaya yang dilakukan instruktur agar peserta aktif yaitu memberikan para peserta ruang untuk berdiskusi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODEMENGAJARINSTRUKTUR, PELATIHAN KOMPUTER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 27 May 2025 05:26
Last Modified: 27 May 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item
View Item