Strategi Guru dalam Meleksanakan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus Guru Sosiologi di SMA negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota

Reza, Yuvina (2021) Strategi Guru dalam Meleksanakan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus Guru Sosiologi di SMA negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_YUVINA_REZA_17058229_362_2022.pdf] Text
B1_04_YUVINA_REZA_17058229_362_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid 19 (studi kasus guru sosiologi di SMA Negeri 1 kecamatan gunuang omeh. Dimana guru sosiologi menggunakan WhatsApp group sebagai salah satu media pembelajaran untuk mengajar masa pandemi covid 19. Alasan WhatsApp group sebagai sarana pembelajaran daring karena di gunuang omeh keterbatasan jaringan internet. Jadi tidak bisamenggunakan aplikasi lain seperti: google classroom, edmodo, ruang guru, rumah belajar, quiper, microsoft teams, google meets dan moodle karena untuk mengaksesnya membutuhkan jaringan yang kuat. Sementara untuk WhatsApp bisa diakses dengan kekuatan jaringan sedang. Untuk tetap melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi dengan proses belajar dari rumah maka pilihannya adalah penggunaan WhatsApp group sebagai sarana pembelajraan. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu petanyaan yaitu bagaimana strategi guru dalam melaksanakan pembeljaran pada masa pandemic covid 19. Pertanyaan tersebut akan dinalisis menggunakan teori structural fungsional oleh Talcott Parson. Teori structural fungsional Talcott parson membagi 4 fungsi penting untuk semua system tindakan,terkenal dengan skema AGIL yaitu, Adaption (adaptasi), Goal-attainment (pencapaian tujuan), Integration (integrasi), Latency (latensi atau pemeliharaan pola). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus itntrinsik dengan teknik pengumpulan informasi adalah dengan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari matthew B. Mills dan A. Michael Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display(penyajian data), Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19 dilakukan menggunakan media WhatsApp group, dengan mengirimkan bahan ajar, PDF, Word, Files, Foto, Video dan sebagainya untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugas nya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GURU, PEMBELAJARAN, COVID
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 27 May 2025 01:47
Last Modified: 28 May 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item
View Item