Nonik, Desri Fagia (2014) Kontribusi Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Video Kelas XI SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Desri_ Fagia_ Nonik_00573_1332_2014.pdf [thumbnail of B1_05_Desri_ Fagia_ Nonik_00573_1332_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Desri_ Fagia_ Nonik_00573_1332_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran teknik video siswa kelas XI jurusan teknik audio video SMK Negeri 5 padang, dimana 40,54 % siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran teknik video yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap
hasil belajar mata pelajaran teknik video siswa jurusan teknik audio video di SMK Negeri 5 padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat korelasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 padang, terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 74 orang dan sampel berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak
(Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran teknik video kelas XI SMK Negeri 5 padang tahun 2012. Sedangkan data motivasi belajar dan disiplin belajar dikumpulkan melalui angket dengan
menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel
2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 13,06% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 padang; (2) disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 10,75% terhadap hasil belajar
siswa SMK Negeri 5 padang; (3) Motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 19,45% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 5 padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar dan
disiplin belajar berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin tinggi disiplin belajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektronika-D3 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:36 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12462 |