Yarsina, Desra (2020) Kajian Literatur Pengaruh LKS Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa untuk Berbagai Jenjang Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DESRA_YARSINA_16033071_2715_2020.pdf [thumbnail of B1_05_DESRA_YARSINA_16033071_2715_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DESRA_YARSINA_16033071_2715_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat aktif dalam proses pembelajaran. Sebab pembelajaran kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya lebih berpusat pada siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat menerapkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS. Berdasarkan jurnal yang dianalisis, pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional atau menggunakan metode ceramah dan masih rendahnya daya serap siswa pada materi pembelajaran, sehingga pembelajaran kurikulum 2013 belum tercapai. Oleh sebab itu,peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh LKS Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari jenjang pendidikan dan materi pembelajaran pada jurnal penelitian yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam mengidentifikasi 17 jurnal nasional dan jurnal internasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui studi literatur.Data yang didapatkan dari kajian literatur adalah data pengembangan LKS inkuiri
terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Instrumen untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dengan coding data atau pengkodean. Dimanavariabel-variabel yang
diberikan kode yaitu sampel jurnal-jurnal yang diteliti ditinjau dari aspek jenjang pendidikan dan materi pembelajaran Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada jenjang pendidikan dan materi pembelajaran
mengalami peningkatan hasil pembelajaran yang signifikan. LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar keterampilan siswa dengan nilai efektifitas rata-rata tertinggi
adalah keterampilan proses sains berada pada jenjang pendidikan SMP, SMA, dan MAN, serta dapat diterapkan dalam materi kalor, listrik dinamis, pemanasan global,
dan fluida statis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:35 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12458 |