Efektivitas Teknik Fernald dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan untuk Anak Autis Kelas V di SLB Lubuk Kilangan Padang

Yetni, Agusnita (2015) Efektivitas Teknik Fernald dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan untuk Anak Autis Kelas V di SLB Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_AGUSNITA_YETNI_17961_3097_2015.pdf] Text
B1_2_AGUSNITA_YETNI_17961_3097_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang peneliti temukan saat observasi anak autis belum mampu menulis permulaan dengan baik dan benar. Hasil tulisan anak masih sering salah. Tujuan penelitian ini, membuktikan teknik Fernald dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan untuk anak autis kelas V di SLB Lubuk Kilangan Padang. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A dalam bentuk Single Subject Research (SSR).
Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini konsisten pada berapa banyak huruf yang dapat ditulis anak dengan baik dan benar dari lima buah huruf yang diuji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi baseline kemampuan menulis anak sangat rendah, yaitu anak mampu menulis satu huruf Selanjutnya, setelah diberikan intervensi dengan teknik Fernald kemampuan menulis anak meningkat, pada baseline kedua kemampuan menulis anak juga meningkat. Dengan perbandingan persentase kemampuan anak pada kondisi baseline tertinggi 20%, pada kondisi intervensi 80% dan pada kondisi baseline kedua 80%.
Permasalahan anak belum bisa menulis huruf (a, c, g, i dan m), karena anak sudah bisa menulis empat buah huruf dari lima huruf yang diteliti. Dan hasil kemapuan akhir anak mencapai 80%. Dan dapat disimpulkan bahwa teknik Fernald efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak autis di SLB Luki Padang. Disarankan agar guru disekolah mengajarkan anak menggunakan teknik Fernald. Bagi anak agar anak lebih bersemangat lagi belajarnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN UNTUK ANAK AUTIS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 09:34
Last Modified: 26 May 2025 09:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item
View Item