Ardila, Loni (2015) Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Warga Belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB 1 Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_LONI_ARDILA_96032_320_2015.pdf [thumbnail of B1_4_LONI_ARDILA_96032_320_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_LONI_ARDILA_96032_320_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar di program pendidikan kesetaraan paket C di SKB 1 Tanah Datar, warga belajar kurang serius mengikuti proses pembelajaran Paket C. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menggambarkan disiplin belajar warga belajar pada program pendidikan kesetaran paket C SKB 1 Tanah Datar, 2) menggambarkan prestasi belajar warga belajar pada program pendidikan kesetaran paket C SKB 1 Tanah Datar, 3) mengetahui hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar warga belajar pada program pendidikan kesetaran paket C SKB 1 Tanah Datar
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar paket C SKB 1
Kabupaten Tanah Datar sebanyak 34 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan angket dan alat pengumpulan data kuisioner. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase dan rumus product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar warga belajar termasuk kategori kurang baik, karena banyak dari warga belajar yang kurang taat dalam belajar, kurang patuh terhadap peraturan, kurang tanggungjawab dalam belajar dan kesadaran belajar yang masih kategori kurang, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar warga belajar paket C di SKB 1 Tanah Datar. Adapun saran yang dikemungkakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Diharapkan kepada warga belajar agar dapat disiplin dalam melaksanakan pembelajaran. (2) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk lebih meneliti lebih mendalam tentang hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar dengan sampel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:31 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12443 |