Ariston, Lovandriyani (2015) Pembuatan Lembaran Kerja Siswa Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Kalor dan Alat Optik pada Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_LOVANDRIYANI_ARISTON_1106315_3185_2018.pdf [thumbnail of B1_05_LOVANDRIYANI_ARISTON_1106315_3185_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_LOVANDRIYANI_ARISTON_1106315_3185_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pelaksanaan kurikulum 2013 akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan apabila keempat Kompetensi Inti mampu dicapai oleh siswa secara keseluruhan. Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran.LKS merupakan salah satu contoh bahan ajar.LKS bermuatan kecerdasan komprehensif merupakan upaya dilakukan untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013.LKS ini tidak hanya memuat aspek pengetahuan saja, tetapi juga aspek sikap dan keterampilan. LKS berisikan nilai-nilai kecerdasan yang akan mendukung proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti. Selain bermuatan kecerdasan komprehensif, juga dikombinasikan dengan model pembelajaran inkuiri.Pembuatan LKS ini bertujuan agar siswa dapat memiliki pengalaman belajar langsung sehingga kompetensi/ kecerdasan siswa meningkat.Untuk itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif untuk materi kalor dan alat optik menggunakan model pembelajaran inkuiri yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk kepada jenis Research and Development.Desain penelitian yang digunakan adalah desain keadaan sebelum dan sesudah. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan, lembar tes hasil belajar sebagai nilai kecerdasan intelektual, lembar observasi kecerdasan keterampilan, kecerdasan spiritual, serta kecerdasan sosial emosional. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, LKS memiliki validitas tinggi dengan nilai validitas menurut tenaga ahli adalah 86,73. Kedua, nilai kepraktisan LKS berbasis ICT menurut guru dan siswa berturut-turut adalah 89,07 dan 87,69. Ketiga LKS bermuatan kecerdasan komprehensif terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kecerdasan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS), Kecerdasan Komprehensif, Materi Kalor dan Alat Optik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:15 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12396 |