Halda, Okta Vera (2012) Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_OKTA _VERA _HALDA_73835_2802_2012.pdf [thumbnail of B1_4_OKTA _VERA _HALDA_73835_2802_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_OKTA _VERA _HALDA_73835_2802_2012.pdf
Download (866kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar sosiologi di SMA Negeri 3 Padang Panjang pada pemahaman konsep diakibatkan belum mampunya siswa untuk bisa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan merubah suatu bentuk representatif berupa konsep kedalam bentuk fakta sosiologi, sehingga hanya sedikit siswa yang mampu untuk menjelaskan konsep sosiologi yang ada. Peneliti menggunakan media power point agar dalam pembelajaran siswa terbiasa untuk menjelaskan konsep karena media ini berisikan fenomena sosial yang berkaitan dengan konsep dan materi sosiologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar sosiologi SMA Negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan teknik random kelompok. Dari populasi yang ada diambil dua kelas sampel yaitu X sebagai kelas kontrol dan kelas X 2 1 eksperimen. Untuk menganalisis temuan, peneliti menggunakan teori konstruktivisme. Teori ini mengemukakan bahwa pengetahuan kita adalah konstruksi (bentukan) kita sendiri, pengetahuan itu tidak bisa dipindahkan begitu saja dari otak seseorang ke kepala orang lain. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji hipotesis melalui uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (17,25) lebih tinggi dari kelas kontrol (12). Kemudian dari uji hipotesis diperoleh nilai t yaitu 3,59 dengan t = 2,00. Uji t juga dilakukan untuk skor setiap sub materi sosialisasi. Pada uji t menjelaskan konsep tentang pengertian diperoleh t hitung = 2,23 dengan t tabel tabel = 2,00, pada konsep proses soiaalisasi diperoleh t = 2,50 dengan t = 2,00, pada konsep faktor pembentuk kepribadian diperoleh t hitung tabel = 2,73 dengan t tabel = 2,00, pada konsep agen sosialisasi diperoleh t = 2,23 dengan t tabel = 2,00, pada konsep bentuk sosialisasi diperoleh t = 2,39 dengan t tabel = 2,00 pada konsep tipe sosialisasi t hitung = 2,44 dengan t =2,00, pada konsep pola sosialisasi t hitung = 2,64 dengan t =2,00. Dari hasil uji t pada setiap sub materi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang panjang diterima. Dengan demikian penggunaan media power point dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa kelas X khususnya pada aspek pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Power Point , Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:15 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12372 |