Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa

Febrianti, Lina (2017) Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LINA_FEBRIANTI_1300352_5306_2017.pdf] Text
B1_05_LINA_FEBRIANTI_1300352_5306_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Selain itu keluarga juga merupakan pondasi primer bagi perkembangan anak karena keluarga merupakan tempat anak untuk menghabiskan sebagian besar waktu dalam kehidupannya oleh karena itu keluarga turut berperan dalam kematangan emosi seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keharmonisan keluarga, (2) kematangan emosi, dan (3) menguji hubungan keharmonisan keluarga dengan kematangan emosi siswa SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Padang sebanyak 569 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 224 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berskala. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 16.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori cukup harmonis, (2) kematangan emosi siswa berada pada kategori sedang, (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kematangan emosi siswa dengan r 0,107. Artinya keharmonisan keluarga tidak mempengaruhi kematangan emosi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Kematangan Emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 26 May 2025 07:10
Last Modified: 26 May 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item
View Item