Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung

Alfandi, Dike (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DIKE_ALFANDI_1101986_5459_2016.pdf] Text
B1_03_DIKE_ALFANDI_1101986_5459_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran menganalisa rangkaian listrik masih rendah. Salah satu faktor yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga aktivitas siswa kurang maksimal dalam pembelajaran. Selain itu, siswa juga sulit memahami materi pembelajaran dari bahan ajar, sehingga siswa menjadi pelajar pasif dalam kelas. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik bagi siswa di kelas X TITL 1 SMK N 2 Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran MRL melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain One Group pre-test, post-test. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar MRL adalah pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK N 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest berupa soal objektif yang masing-masingnya terdiri dari 20 soal pretest dan 30 soal posttest. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,56 dan rata-rata nilai posttest = 81,80. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata Gain Score = 0,475 kategori sedang terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make a Macth. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung dengan menggunakan model pembelajaran Make a Macth.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran make a match, Hasil belajar menganalisa rangkaian listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 26 May 2025 07:04
Last Modified: 26 May 2025 07:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item
View Item