Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Batusangkar

Rahmi, Lidya (2012) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LIDYA_RAHMI_57653_2454_2012.pdf] Text
B1_05_LIDYA_RAHMI_57653_2454_2012.pdf

Download (319kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMAN 2 Batusangkar, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Portofolio untuk meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Manfaat penelitian sebagai refrensi bagi pembaca dan bahan pertimbangan bagi tenaga pendidik SMAN 2 Batusangkar dalam melaksanakan tugas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA N 2 Batusangkar sebanyak 60 orang siswa terdiri dari tiga kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sample random sampling, sehingga tepilih kelas X1 menjadi kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas kontrol kelas adalah X2 dengan jumlah siswa 20 orang. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Portofolio yaitu 77 sementara siswa yang menggunakan model konvensional lebih rendah yaitu 66. Hasil hipotesis di dapati bahwa t hitung t 2.021 pada taraf signifikan 0.05, sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis tabel nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan Model Pembelajaran Portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi (TIK).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KKM, Sample simple random, Model Portofolio, TIK, SMAN 2 Batusangkar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 26 May 2025 06:54
Last Modified: 26 May 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item
View Item