Efektifitas Media Block Dienes untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Deret ke Bawah bagi Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research kelas V di SD Negeri 17 Jawa Gadut Padang

Oktarandi K, Isti (2014) Efektifitas Media Block Dienes untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Deret ke Bawah bagi Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research kelas V di SD Negeri 17 Jawa Gadut Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ISTI_OKTARANDI_K_17223_6192_2014.pdf] Text
B1_2_ISTI_OKTARANDI_K_17223_6192_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di lapangan yaitu
kemampuan anak berkesulitan belajar dalam mempelajari matematika dasar
khususnya dalam mempelajari berhitung penjumlahan dengan deret ke bawah yang
masih membutuhkan objek konkret dalam proses pemahaman. Sebagaimana yang
terjadi dilapangan pada siswa kelas V di SD Negeri 17 Jawa Gadut Padang. Oleh
sebab itu penulis mencoba menggunakan media block dienes sebagai media
pembelajaran matematika yang dapat membantu meningkatkan kemampuan
matematika dasar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah media
block dienes efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan deret ke bawah
bagi anak berkesulitan belajar?”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ekperimen
yang berbentuk Single subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Adapun subjek
dalam penelitian ini adalah satu orang berkesulitan belajar kelas V SD Negeri 17
Jawa Gadut Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
tes tertulis, sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase. Karena
penelitian ini bersifat akademik, melalui persentase akan lebih terlihat mengenai hasil
yang diperoleh anak.
Berdasarkan pengolahan data, maka diperoleh mean baseline (A-1) sebesar
10%, mean intervensi (B) sebesar 76,15%. Dan mean baseline (A-2) sebesar 92%.
Dengan kecenderungan arah pada fase intervensi (B) meningkat. Data overlape pada
kondisi baseline (A1) ke intervensi (B), dan intervensi (B) ke baseline 2 (A-2) adalah
0%. Maka dapat disimpulkan bahwa media block dienes mampu meningkatkan
kemampuan penjumlahan deret ke bawah bagi anak berkesulitan belajar.
Hasil penelitian ini sekiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi
pendidik dalam penggunaan media pembelajaran pada anak berkesulitan belajar pada
proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 06:53
Last Modified: 26 May 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12304

Actions (login required)

View Item
View Item