Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di Kelas X Titl Smk Negeri 5 Padang

Makuker, Diana Utami (2017) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di Kelas X Titl Smk Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DIANA_UTAMI_MAKUKER_1209019_4669_2017.pdf] Text
B1_03_DIANA_UTAMI_MAKUKER_1209019_4669_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) menggunakan Model Kooperatif tipe STAD dan Model Konvensional di SMK N5 Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model konvensional yang meningkatkan aktifitas siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan SMK Negeri 5 Padang . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain Randomized Control dan Group Post-test Only Design Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL L2 dan L3 SMK Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 36 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (posttest) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal tersebut. Setelah dilakukan validasi soal dan reliabilitas soal didapat soal pilihan ganda posttest sebanyak 25 item dan soal posttest sebanyak 25 item yang digunakan sebagai soal tes dalam penelitian. Berdasarkan analisis data didapat besarnya χ2 hitung untuk kelas eksperimen = 2,42 dan χ2 hitung untuk kelas kontrol = 3,56 untuk besarnya nilai χ2 tabel kelas eksperimen dengan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 7 – 1 = 6, maka didapat nilai χ2 tabel = 12,59 dan besarnya χ2 tabel kelas kontrol dengan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 7 – 1 = 6, maka didapat nilai χ2 tabel = 12,59. Dengan demikian χ2 hitung < χ2 tabel atau untuk kelas eksperimen 2,24 < 12,59 dan untuk kelas kontrol 3,56 < 12,59. Maka dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik adalah berdistribusi normal. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil penelitian antara kedua kelas Mengunakan Model Kooperatif tipe STAD dan Konvensional di SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, PDE, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 26 May 2025 03:48
Last Modified: 26 May 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item
View Item