Loka, Diah Pita (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Diskusi Tiga Tahap Teknik Fishbowl terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DIAH_PITALOKA_1106264_1713_2016.pdf [thumbnail of B1_03_DIAH_PITALOKA_1106264_1713_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DIAH_PITALOKA_1106264_1713_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas VII SMPN 20 Padang masih didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dan tanya jawab yang dilaksanakan guru membuat siswa bosan dan tidak bersemangat dan akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa di kelas VII SMPN 20 Padang kurang memiliki persiapan untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan ini diharapkan dapat diatasi dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe diskusi tiga tahap teknik Fishbowl. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe diskusi tiga tahap teknik Fishbowl terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMPN 20 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan the static group comparison design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VII SMPN 20 Padang. Sampel diambil melalui teknik Purposive Sampling, dimana terpilih Kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Instrumen tes hasil belajar diujicobakan terlebih dahulu kemudian data hasil uji coba tersebut dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas tes, uji daya beda soal dan uji indeks kesukaran soal. Nilai tes akhir dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis data. Berdasarkan hasil tes akhir, didapatkan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 68,89, lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 59,92. Nilai thitung hasil belajar kognitif adalah 3,80, lebih besar daripada ttabel yaitu 1,67. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu penerapan strategi pembelajaran aktif tipe diskusi tiga tahap teknik Fishbowl berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa Kelas VII SMPN 20 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh strategi pembelajaran aktif, Tipe diskusi tiga tahap teknik fishbowl, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12216 |